Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Introducing "GameMaker Studio"




Yo, postingan kali ini kita akan mengenal lebih dekat tentang aplikasi Gamemaker Studio.
Dimulai dengan nama Animo, kemudian menjadi Game Maker dan sampai saat ini disebut Game maker studio, merupakan game engine yang dibuat Mark Overmars pada tahun1999 dan untuk bahasa pemrogramannya sendiri dinamai GML (Game Maker Lanluage).  Game Maker dirancang untuk mempermudah pengguna dalam mengembangkan video game tanpa berfokus pada keahlian pengguna dalam bahasa pemrograman karena diberikan pilihan menggunakan sistem drag and drop ikon untuk menentukan interaksi antara objek.
Untuk versinya sendiri admin menggukan Game maker Studio 1.2.1130 jika belum menginstalnya silahkan download DI SINI.

Untuk kelebihan dari Game maker Studio dibandingkan Game Engine lainnya adalah :

  • Proses pembuatan Objek Game dengan opsi drag and drop sehingga mempermudah penggunanya apabila tidak terlalu expert terhadap bahasa pemrogaman.
  • Memiliki akses penuh terhadap game yang kita buat sehingga tidk perlu repot dalam mengurus lisence.
  • Banyaknya akses ke berbagai platform sehingga sangat cocok sebagai software development.
  • Sangat cocok sebagai media pembelajaran bagi developer pemula karena Gamemaker merupakan Engine game yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Kemudian berikut menu-menu  dasar yang ada pada Gamemaker :


  • Sprites 

       menu Sprites adalah sebuah gambar yang di buat yang nantinya akan dijadikan objek atau sebagai kosmetik untuk mempercantik tampilan game.
  • Sounds



menu Sounds berfungsi untuk memberikan semua efek suara pada game yang akan kita buat.


  • Backgrounds

Disetiap video game pasti terdapat backgroud atau latar belakang untuk mempercantik tampilan game, fugsi background disini berfungsi sebagai pengatur latar belakang permainan.


  • Paths  

Menu Paths berfungsi untuk menentukan jalur sebuah objek. Misalkan kita ingin membuat objek bergerak membentuk suatu pola maka menu path ini yang menyediakan pola gerakan objek tersebut.


  • Scripts  

Script sendiri merupakan suatu perintah yang berfungsi sebagai menu yang nantinya akan digunakan sebagai objek untuk mendeskripsikan mekanisme sistem permainan.
  • Shaders  

menu Shaders berfungsi untuk mengubah warna di setiap pixel yang ada dalam game menjadi warna yang kia inginkan, penggunaan shader sangat membantu dalam pembuatan efek game.

  • Fonts  

Apabila kita ingin menentukan tampilan dan desain huruf, Menu Fonts yang bertugas untuk mengatur semua jenis huruf yang ada di game.

  • Time Lines  
Menu Time Lines berfungsi sebagai pengatur objek yang ditentukan dengan waktu. Misalkan kita ingin saat objek bergerak kedepan pada detik ketiga karakter loncat pada detik ke delapan karakter menunduk. Maka menu ini yang menyediakan langkah-langkahnya Singkatnya, hampir sama seperti timeline pada aplikasi pembuat animasi.

  • Objects  
Object merupakan komponen utama dalam video game yang berisi perintah-perintah script, shader, path, atau timeline yang dibuat, object sendiri bis menggunakan sprite atau tanpa sprite untuk kebutuhan antar muka atau pengaturan.

  • Rooms
Dan yang terakhir adalah menu Room merupakan tempat berkumpulnya semua unsur-unsur game dan tata letak objek yang telah dibuat.


Demikian perkenalan kita kepada Software Game maker Studio sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya 😀.

No comments:

Post a Comment