Yo, Postingan kali ini kita akan membuat main menu untuk game, seperti yang kita ketahui setiap game yang dirilis harus terdapat intro dan main menu, karena kedua hal tersebut mendeskripsikan profil dari game yang kita mainkan, pada postingan sebelumnya kita belajar bagaimana cara membuat intro, dan kali ini kita membuat main menu secara sederhana jadi simak aja gan.
seperti biasa kita mulai dengan membuat project baru beri nama bebas sesuai selera. selanjutnya kita buat sound untuk efek suara ketika kita memilih menu, klik kanan folder Sounds, Create Sound panggil, suara yang diinginkan bebas dan beri nama (snd_click).
kemudian kita buat font untuk main menu, klik kanan folder Fonts, Create Font, pilih tipe font dan ukuran font yang agan inginkan kemudian beri nama (ft_menu).
sekarang kita buat objeknya klik kanan folder Objects, Create Object, beri nama (obj_main_menu), kemudian di kolom Events kita tambahkan event : Create, Draw, Press<Enter>, Press<Up>, Press<Down>, dan di tab Control drag opsi Execute Code ke tiap event.
lalu tuliskan perintah kolom di bawah ini :
Event :
selector = 0;
menu[0] = "NEW GAME";
menu[1] = "CONTINUE";
menu[2] = "OPTION";
menu[3] = "QUIT";
Draw :
draw_set_color(c_green)
draw_set_font(ft_menu)
var i;
for( i=0; i<=3; i+=1)
{
draw_text(room_width/2.5, 50 * i + room_width/3.5,menu[i]);
}
draw_text(room_width/2.5-120 , 50 * selector + room_width/3.5,">>>>");
Press<Enter> :
switch (selector)
{
case 0:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 1:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 2:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 3:game_end();
}
Press<Up> :
if (selector != 0)
{
audio_play_sound(snd_click,1,0);
selector -= 1;
}
Press<Down> :
if (selector != 3)
{
audio_play_sound(snd_click,1,0);
selector += 1;
}
selesai deh sekarang kita tinggal buat room untuk main menunya klik kanan folder Rooms, Create Room, beri nama (rm_main_menu), setting luas room menjadi Width : 800, dan Height : 600 ganti background menjadi hitam, dan drop obj_main_menu di rm_main_menu.
Event :
selector = 0;
menu[0] = "NEW GAME";
menu[1] = "CONTINUE";
menu[2] = "OPTION";
menu[3] = "QUIT";
Draw :
draw_set_color(c_green)
draw_set_font(ft_menu)
var i;
for( i=0; i<=3; i+=1)
{
draw_text(room_width/2.5, 50 * i + room_width/3.5,menu[i]);
}
draw_text(room_width/2.5-120 , 50 * selector + room_width/3.5,">>>>");
Press<Enter> :
switch (selector)
{
case 0:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 1:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 2:show_message("Wait for the next Tutorial") break;
case 3:game_end();
}
Press<Up> :
if (selector != 0)
{
audio_play_sound(snd_click,1,0);
selector -= 1;
}
Press<Down> :
if (selector != 3)
{
audio_play_sound(snd_click,1,0);
selector += 1;
}
selesai deh sekarang kita tinggal buat room untuk main menunya klik kanan folder Rooms, Create Room, beri nama (rm_main_menu), setting luas room menjadi Width : 800, dan Height : 600 ganti background menjadi hitam, dan drop obj_main_menu di rm_main_menu.
Main menu sudah jadi, tinggal klik tombol play, oh iya kalau ingin menampilkan main menu dengan intro secara bersamaan caranya cukup mudah, apabila sudah download projektnya di tutorial sebelumnya, cara membuat intro, cukup tambahkan tutorial ini ke project tersebut ataupun sebaliknya, kemudian ganti perintah yang ada pada event (Alarm 1), di objek (obj_intro) dengan perintah :
room goto(rm_main_menu);
untuk contoh tutoorial intro dan main menu nya bisa di download DI SINI
room goto(rm_main_menu);
terakhir pastikan urutan untuk (rm_intro) berada diatas (rm_main_menu) karena room yang pertama akan di execute adalah room yang paling atas. klik tombol play intro dan main menu sudah jadi.
Dan (snd_intro) akan terexecute ke (rm_main_menu)
untuk contoh tutoorial intro dan main menu nya bisa di download DI SINI
No comments:
Post a Comment