Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Membuat Game FPS Unity Part 3 (Membuat Efek Tembakan)


Ketemu lagi di blog jelajah digital, dan postingan kali ini merupakan lanjutan dari tutorial bagaimana membuat sebuah game fps di unity, jadi diharapkan untuk mempelajri dari postingan pertama terlebih dahulu.
Membuat Game FPS Unity Part 1.

Dan Pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana membuat sebuah efek tembakan atau lebih dikenal dengan istilah muzzle effect. Ok langsung saja kita masuk kedalam project yang sudah di buat sebelumnya. di menu Hierarchy klik kanan game object Макаров (Prefab)→Particle System, kemudian beri nama bebas disini admin beri nama ShootEffect, lalu pergi ke menu Inspector dan setting sesuai dengan gambar dibawah.
   

Selanjutnya import sebuah gambar muzzle effect kedalam Assets, bebas bisa di cari di google atau ambil langsung gambar di bawah, lalu drop ke dalam game object ShootEffect.

Kembali lagi ke menu Inspector untuk game object ShootEffect, atur shader nya menjadi Particles/Additive 


Selanjutnya kita akan menambahkan efek cahaya ketika tembakan dikeluarkan, hal ini di maksud agar ketika tembakan di hempaskan ada efek cahaya yang keluar seperti flash di sekitar player, pengaruhnya akan terasa apabila di kita berada di ruangan yang gelap atau minim cahaya.
Kembali ke menu Hierarchy klik kanan pada game object ShootEffect→Light→Point Light, beri nama bebas di sini admin menggunakan nama ShootEffectLight lalu di menu Inspector setting sesuai dengan gambar dibawah.
 

Sekarang kita rombak sedikit Script yang telah dibuat sebelumnya, buka Script GunFire.js dan masuk ke menu mono develop berikan variable dan fungsi baru seperti Script di bawah.
var Flash : GameObject;
Flash.SetActive(false);
function Update()
{
    
    if(Input.GetButtonDown("Fire1"))
    {
        var gunsound : AudioSource = GetComponent.<AudioSource>();
        gunsound.Play();
        GetComponent.<Animation>().Play("GunShot");
        Flash.SetActive(true);
        MuzzleOff();

    }
}
function MuzzleOff()
{
    yield WaitForSeconds(0.1);
    Flash.SetActive(false);
}



Simpan Script dan pergi ke menu Hierarchy, pilih game object Макаров (Prefab) lalu di menu Inspector masukan game object ShootEffect ke dalam variable Flash.

Langkah terakhir kita buat sebuah tanda aim, caranya cuku mudah, di menu Hierarchy klik kanan UI→Image, pergi ke menu Inspector dan setting sesuai gambar di bawah, sedangkan untuk Source Image, admin menggunakan image Knob.
 

Dan yang terakhir kita tekan tombal PLAY, sekian dulu tutorial kali ini sampai bertemu lagi di tutorial selanjutnya 😀.

4 comments:

  1. Bang ini tutorial membuat gamenya bisa sampe abis ga bang? saya soalnya ada tugas membuta game dan saya tinggal sendirian sisanya teman-teman saya pada berkelompok bang:(
    Saya minim info tentang ginian bang sebab saya lebih fokus ke desain, tapi demi pelajaran bisa lulus saya akan berusaha, naaah makanya saya berharap abang bisa kasih tutor yang lengkap bang.

    Makasih banyak bang atas bantuannya

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. YouTube kurang jelas ngajarin buat game fps

      Delete
  3. saran aja bang kalo bisa sampai selesai bang tambahin enemynya kek atau healt sama ammonya gtu bang

    ReplyDelete