Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial basic Unity part 1 (membuat Terrain)




Yo, tutorial pertama ini, kita akan mempelajari dasar - dasar pembuatan game di dalam unity, dan hal pertama yang akan kita pelajari adalah bagaimana caranya membuat sebuah terrain, tapi sebelumnya disini admin menggunakan unity versi 5.6.0 jadi usahakan unity yang agan sista download memiliki versi 5.x.x ke atas.

Oke langsung saja hal yang pertama kita lakukan adalah membuat sebuah project baru, pastikan pilih yang 3D beri nama bebas project nya dan klik tombol Create Project.



Kemudian kita akan masuk ke main menu dari unity, disebelah kiri terdapat kolom Hierarchy yang berfungsi untuk menampilkan objek - objek yang terdapat pada keseluruhan project, ketika kita memulai sebuah project biasanya sudah terdapat dua object default yaitu Main Camera dan Directional Light yang akan dibahas nanti, kemudian di tengah kita akan melihat Scene yang berfungsi menampilkan object yang kita rancang, untuk kolom sebelah kanan terdapat menu Inspector yang berfungsi menampilkan menu dari object yang ada pada Hierarchy, intinya ketika kita mengklik object yang ada di Hierarchy, kemudian Inspector akan menampilkan menu - menu yang ada pada object tersebut. Oke setelah itu di tab kita pilih menu GameObject, 3D Object, dan Terrain.

Terrain pun sudah tersedia tertulis di kolom Hierarchy dan muncul di Scene cuma masih polos tinggal kita modif sesuai kreasi kita, caranya pada kolom Inspector di sebelah kanan sudah tersedia menu untuk edit terrain, pilih Raise / Lower Terrain kemudian dibawah nya terdapat berbagai jenis Brushes untuk menentukan besarnya volume dan jenis motif pada terrain, dibawah nya lagi kita bisa menentukan ukuran terrain dan opacity terrain pada menu Settings, sekarang kita menuju Scene buat terrain sebagus mungkin dengan klik mouse kiri, kita juga bisa melihat sudut pandang yang berbeda dengan mengklik mouse kanan, scroll mouse untuk zoom in / zoom out, dan menekan scroll untuk pergerakan di Scene.



   Jika diperhatikan kembali terrain yang telah dibuat masih agak kasar dan ujungnya lancip, kita bisa membuatnya lebih smooth dengan mengklik menu Smooth Height di kolom Inspector dan rapihkan terrain yang ada di Scene.



Langkah selanjutnya menambahkan texture untuk terrain yang kita buat dengan mengklik kanan pada kolom Assets, kemudian pilih Import Package lalu pilih Environment, dan klik Import, setelah asset untuk environment selesai di Import berikutnya kita ke kolom Inspector pilih menu PaintTexture yang berada disamping menu Smooth Height, kemudian Edit Texture, Add Texture, Select disisni admin menggunakan texture GrassHillAlbedo untuk texture yang pertama dan lakukan langkah tadi untuk texture yang kedua, admin memilih SanAlbedo.
catatan : texture yang pertama kita pilih akan menjadi texture dasar untuk terrain dan texture selanjutnya berfungsi untuk kita dalam modifikasi area terrain.


    
Oke terrain sudah terlihat lebih cantik, selanjutnya kita akan memasang karakter, pihak unity sudah menyediakan asset berupa karakter dengan sudut pandang orang pertama, caranya klik kanan di kolom Assets, ImportPackage, Characters, dan klik Import.

    
 Kemudian di kolom Assets buka folder Stanadard Assets, Characters, FirstPersonCharacter, Prefabs, dan drag langsung FPSController ke Scene. pastikan di kolom Inspector untuk menu FPSController atur posisi Y menjadi 1 agar tidak bertubrukan dan berada di atas terrain.
langkah terakhir kita hapus object Main Camera di kolom Hierarchy karena untuk kamera sudah tersedia di object FPSController dan klik tombol play karakter bisa digerakan dengan menekan W,A,S,D untuk berjalan, Shift untuk run, SpaceBar untuk jump, dan Mouse untuk kamera.


langkah terakhir kita save project yang sudah dibuat di tab menu klik File dan Save Scene atau ctrl+S. Oke sekian dulu untuk part 1, nantikan untuk part 2 nya.

No comments:

Post a Comment