Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Membuat Animasi Sprite (Game Maker Studio)


Seperti yang kita ketahui animasi sprite merupakan salah satu komponen dalam sebuah video game yang memiliki fungsi sebagai object maupun cosmetic, karena fungsinya itulah proses pembuatannya bisa menjadikan tolak ukur berkualitasnya sebuah game, dan tutorial kali ini kita akan belajar bagaimana caranya membuat sebuah animasi sprite dengan aplikasi game maker studio tentunya.

Seperti biasa langkah petama kita buat new project beri nama bebas, karena disini kita hanya akan mengulik menu Sprites saja, klik kanan folder Sprites, Create Sprite, beri nama animasi_Sprite_right agar sesuai dengan judul blog dan sprite pertama yang dibuat akan menghadap kanan, lalu klik Edit Sprite, kita akan masu ke menu Sprite Editor, Create a new spprite, setting ukuran layer  Height : 256 dan Width : 256, klik OK, kemudian akan muncul layer kosong, double klik untuk masuk ke Image Editor.

     

Yap, sekarang waktunya berkreasi, karena ini hanyalah proses pembelajaran jadi kita akan membuat animasi sprite yang sederhana dan disini kita akan membuat contoh animasi sprite untuk karakter utama game Pacman.

Langkah pertama kita setting untuk Colors Left berwarna hitam dan right berwarna biru atau bebas sesuai keinginan anda, selanjutnya  membuat lingkaran menggunakan tool Draw an ellipse dan buat sebuah garis ditengah menggunakan tool Draw a line untuk mulutnya.


Lanjut kita buat matanya dan klik ok atau tanda centang

 

Sprite pun sudah jadi sekarang akan kita buat untuk animasinya, di menu Sprite Editor copy Sprite yang telah di buat tadi sebanyak empat.


Kemudian double klik gambar kedua untuk masuk menu editor di tab menu pilih Tranform, Rotate ubah sudutnya menjadi 350 derajat dan buat garis kedua untuk mulutnya secara simetris menggunakan tool Draw a line, dan hapus warna yang ada di sekirat mulut. tool Selecting.

 
 Lakukan hal diatas untuk gambar ketiga dan keempat dengan sudut 340 dan 330 derajat, setelah selesai akan jadi seperti gambar dibawah.


  copy dan atur posisinya agar pergerakannya lebih smooth ketika Show Preview di  centang.

 
 Animasi sprite sudah selesai, dan kita akan buat untuk animasi menghadap ke kiri, atas, dan bawah, caranya sangat mudah tidak perlu membuat dari awal kembali, klik kanan Sprite animasi_sprite_right, pilih Duplicate. Sekarang beri nama sprite animasi_sprite_left, masuk ke Sprite Editor pilih menu Transform, Mirror/Flip, dan pastikan centang opsi Apply to all image in teh sprite agar berlaku untuk semua gambar yang ada di sprite editor.




  
animasi_sprite_left sudah jadi, seterusnya kita buat untuk animasi_sprite_up, dan animasi_sprite_down caranya sama kita duplicate terlebih dahulu sprite sebelumnya lalu di Sprite Editor pada tab Transform pilih menu Rotate dan ubah sudutnya menjadi 90 dan 270 derajat.



Animasi Sprite sudah jadi sekian dulu tutorial nya sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya 😀


No comments:

Post a Comment