Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Basic Unity Part 2 (Membuat Environment)



Yo, tutorial kali ini merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, jadi disarankan untuk melihat postingan sebelumnya Tutorial Basic Unity Part 1, dan pada tutorial kali ini kita akan membuat lingkungan agar setting sebuah game menjadi lebih cantik.

Ok langsung aja buka project sebelumnya yang sudah  agan buat, pertama - tama kita akan menambahkan rerumputan pada terrain, dengan cara klik terlebih dahulu object terrrain di kolom Hierarchy, kemudian di kolom Inpector pilih menu Paint Details, Edit Details, Add Grass Texture, Detail Texture, disini admin memilih GrassFrond01AlbedoAlpha, kemudian add, atur Target Strength nya menjadi 0.125 agar rumput tidak terlalu rapat. dan letakan sesuai dengan imajinasi anda, oh iya karena ukuran rumputnya sangat kecil jadi tidak akan kelihatan jika posisi kamera berada terlalu jauh dengan terrain, jika ingin kelihatan zoom terrain sedekat mungkin diamana agan meletakan rerumputan.


 
   
Langkah selanjutnya kita akan membuat pepohonan, caranya di menu Place Trees pada object Terrain, klik Edit Trees, Add Trees, terdapat sekitar empat Asset pepohonan silahkan pilih bebas dan atur seperti menaruh Asset rumput.


Dan langkah selanjutnya kita akan mengganti skybox atau langit nya dengan suasana senja, caranya kita akan mengunduh dulu di Asset Store, sebelumnya pastikan terlebih dahulu sudah memiliki akun Unity agar kita bisa mengakses Asset Store tuliskan Skybox pada keyword search, atur untuk memilih yang free version silahkan jika ingin mengunduh yang berbayar, disini  admin menggunakan skybox dengan nama Skybox juga kemudian download.

 

Setelah selesai download, di kolom Asset sudah terdapat folder Skyb1, dan saatnya memasang ke Scene, caranya di tab pilih menu Window, Lighting, Setting, Skkybox Material, kemudian pilih Sky,Startday, dan langit nya sudah berubah di Scene.


 

Untuk langkah terakhir dari tutotial ini kita akan Build project yang sudah dibuat menjadi video game caranya cukup mudah, di tab menu pilih File, Build Settings.

Kemudian kita akan masuk ke menu Build Settings, di menu ini akan ditampilkan platform apa saja yang bisa diakses oleh unity versi 5.6.0, tetapi karena ini merupakan tuttorial basic jadi kita akan memilih platform Windows. Di menu platform pilih yang paling atas, Target Platform pilih Windows, dan untuk Architecture pilih x86, lalu klil tombol Build And Run, beri nama dan save project menjadi file .exe, game buatan kita pun sudah selesai.



untuk yang ingin mendownload contoh yang sudah di build bisa download disini

DOWNLOAD

No comments:

Post a Comment