Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Unity Membuat Main Menu



Yo, tutorial kali ini kita membuat menu utama di unity, tentunya kita sudah tahu bahwa fungsi main menu pada sebuah game adalah sebagai gambaran atau petunjuk kepada user tentang profil sebuah video game itu sendiri, dan disini kia akan membuat sebuah main menu sederhana.

Disarankan sudah membuat project terlebih dahulu, jika belum silahkan untuk belajar tutorial dasar di link berikut :
Tutorial Basic Unity Part 1
Tutorial Basic Unity Part 2

jika sudah mempelajarinya ok langsung saja buat sebuah Scene baru di project yang sudah dibuat sebelumnya, di tab menu pilih File, New Scene, kemudian save scene dan beri nama Main Menu. 

Alasan membuat sebuah Scene baru dikarenakan banyaknya objek pada sebuah game sehingga harus  ditempatkan pada scene tertentu, contohnya kita membuat Scene Main Menu berarti didalamnya hanya terdapat objek yang menangani tentang menu game saja.


Sekarang double klik Scene Main Menu, dan didalam Scene ini kita akan membuat tombol Play Game dan Quit, caranya di tab menu pilih GameObject --> UI -->  Button.

   
Kemudian pada kolom Hierarchy beri  nama untuk Button menjadi Play Game, lalu atur untuk semua posisi objek Button menjadi 0 pada kolom Inspector.




Buat satu lagi Button dengan cara klik kanan objek Button kemudian pilih Duplicate, beri nama Quit, kemudian atur posisinya di Scene,Play Game diatas dan Quit dibawah.
 

Sekarang kita akan membuat GameObject kosong yang akan diisi Script disini admin menggunakan java Script. di menu tab pilih GameObject, kemudian Create Empty, langsung ke kolom Asset klik kanan pilih Create, Javasript, dan beri nama MainMenuButtons, Double klik scriptnya dan kita akan masuk ke monodevelop.
 
 
Hapus code default yang sudah tersedia dan gantikan dengan perintah dibawah, kemudian Save

function PlayGame()
{
       Application.LoadLevel(1);
}

function QuitGame()
{
      Application.Quit();
}

Setelahnya kita kembali ke project drag langsung Script yang sudah kita buat ke GameObject yang ada di kolom Hierarchy.
Kembali ke objek Button, di kolom Inspector di menu On Click () tambahkan list dan pilih GameObject yang ada pada kolom Hierarchy.  
Masih di menu On Click () berikan fungsi MainMenuButtons Script yang di buat tadi pilih PlayGame untuk button dengan text PlayGame, lakukan hal yang serupa untuk Button 1 dengan fungsi QuitGame().


 Yang terakhir kita ke menu Build And Setting di Scene In Build pastikan Scene Main menu terlebih dahulu kemudian tambahkan scene yang kedua yang akan di load ketika kita menekan tombol Play Game.



Main Menu sudah jadi tinggal tekan tombol play Game dan untuk tombol Quit hanya akan berfungsi apabila project di build menjadi game.

Sekian dulu tutorial membuat menu sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya 😀.

10 comments:

  1. Thanks Gan. Btw cara buat button options nya gimana ya, Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. logic nya sama kita bikin button/tombol sebagai objek baru, dan Scene baru yang ada pada menu Option kemudian di script nya tambah satu lagi function, contoh :
      function Option()
      {
      Application.LoadLevel(2);
      }
      di Scenes in Build atur scene untuk option berada di urutan terbawah

      Delete
    2. O ya gan. Juga maksudnya membuat button yg ada di Options atau Settings gitu. Seperti atur Graphic atau Audio atau Controls gitu. Tolong di bantu Suhu (Master)

      Delete
    3. wah! kayanya itu bakal dibikin tutorial terpisah deh, btw tunggu aja gan soalnya saya sendiri masih dalam tahap belajar 😀

      Delete
  2. Kunjungi
    http://belajarhalbaruu.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  3. Kalo button di dalam button gimamna ??

    ReplyDelete
  4. Untuk duplikat scene ada tutorial nya ndak

    ReplyDelete
  5. Kak saya mau tanya, saya udah bikin script p. Pas saya build cari di on click itu gak ketemu judul yg saya buat di scriptnya itu gimana ya kak kalo begitu? Kalo di kk pas bagian "paly game" itu di saya gak kepanggil

    ReplyDelete