Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Membuat Game FPS Unity Part 1 (Membuat Room)


















Yo, Ketemu lagi di blog jelajah digital, pada kesempatan kali ini kita akan belajar bagaimana membuat sebuah game FPS (First Person Shooter) sederhana, dan langkah pertama yang akan kita lakukan adalah dengan membuat sebuah room terlebih dahulu.

Seperti biasa pertama - tama kita buat sebuah project baru beri nama bebas sesuai keinginan.



Kemudian kita buat sebuah Floor/ lantai nya dengan cara memilih menu GameObject → 3D Object → Cube, pergi ke menu Inspector beri nama object nya Floor dan lakukan scaling pada sudut X, dan Z masing - masing 100 seperti pada gambar dibawah.


Selanjutnya kita akan memberikan texture pada lantai, agar terlihat rapih, pada kolom Assets buat sebuah folder beri nama Texture, kemudian masuk kedalam folder tersebut dan Import New Assets, untuk texture bisa dicari sesuai keinginan sendiri atau dengan resource yang ada pada tutorial ini, bisa di download DI SINI.

Sekarang kita Drag texture untuk floor nya dan secara otomatis akan terbentuk folder Materials yang berfungsi untuk mengedit texture yang sudah di letakan pada object di Scene, kemudian masuk folder Materials pilih Floor dan edit nilai Tiling untuk X dan Y di sesuaikan menjadi 30.

lantai untuk ruangan pun telah selesai, selanjutnya kita akan membuat dinding, caranya masih sama pergi ke menu GameObject → 3D Object → Cube, beri nama Wall lakukan proses Scaling terhadap sudut Y menjadi 5 dan Z menjadi 100, naikan posisi nya dengan mengubah nilai Y menjadi 3 dan letakan di ujung ruangan dengan rapih. 

 Kemudian berikan texture untuk dinding, lakukan cara yang sama ketika memberikan texture pada lantai dan sesuaikan untuk Tiling X menjadi 20 dan Y menjadi 5.
 

Buat kembali dinding untuk keempat sudut yang ada di ruangan, cara termudah adalah mengcopy kembali object Wall yang sudah di buat pada kolom Hierarchy kemudian paste dan geser ke sudut sebelah ruangan seperti pada gambar di bawah.

Lakukan proses copy + paste kembali untuk sudut yang berlainan, kemudian lakukan rotasi pada sumbu Y menjadi 90 seperti pada gambar di bawah.



Setelah dinding untuk keempat sudut ruangan di buat dengan melakukan langkah - langkah di atas, mulailah berkreasi dengan membuat pola untuk ruangan tersebut, dan dengan sedikit sentuhan imajinasi🌈 ini hasil yang di buat oleh admin.
Jrengggg
Langkah terakhir untuk tutorial ini dengan menambahkan karakter FPS yang sudah di sediakan oleh unity, caranya pada kolom Assets klik kanan pilih Import Package → Characters, tekan Import, dikolom Assets akan bertambah folder Standard Assets, buka folder dan pergi ke Character → FirstPersonCharacter → prefabs drag FPSController kedalam room yang sudah kita buat atur posisi Y berada di atas permukaan lantai.


Sekarang tinggal menjalankan game nya.

Sekian dulu tutorial kali ini, untuk tutorial selanjutnya kita akan menggunakan senjata dan membuat pergerakan animasi dari senjatanya, sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya πŸ˜€.

11 comments: