Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Game Maker Studio (Checkpoint Sistem)


Seperti yang kita ketahui tujuan utama pembuatan checkpoint/savepoint dalam sebuah game khususnya game platformer dibuat agar ketika player mengalami kekalahan atau kematian di dalam game tidak harus mengulang kembali dari awal permainan, apalagi jika sebuah game yang kita mainkan memiliki tingkat kesulitan yang sangat rumit, tentunya hal ini akan membuat para player menjadi tidak nyaman dan mungkin tidak akan memainkan kembali game tersebut. Dan pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya membuat checkpoint di Game Maker Studio,

Jika teman-teman tidak ingin repot membuat sprite nya silahkan download disini beserta contoh yang sudah jadi.
GMS Checkpoint Example.

Jika sudah langsung saja buat sebuah project baru dan beri nama bebas sesuai keinginan, masukan semua sprite yang sudah di download sebelumnya.
 

 Kemudian buat masing - masing objek dari sprite yang sudah ada, khusus untuk obj_solid jangan lupa untuk mencentang kolom Solid.
 

Selanjutnya kita buat room nya jika ingin berkreasi sendiri sesuai keinginan silahkan, atau bisa juga dengan mengikuti settingan yang admin buat. Langsung saja Create Room beri nama masuk ke menu Settings, beri nama rm_play dan atur Width:2560, Height:960 dengan Speed = 30.
Kemudian masih di rm_play pergi ke menu Views lalu setting sesuai dengan gambar dibawah.

Selanjutnya ke menu Objects dan drag objek yang telah kita buat ke rm_play.
Sedikit arahan, pastikan jika ingin meletakan objek kedalam room pastikan ubah terlebih dahulu grid yang ada di room sesuai dengan ukuran sprite yang kita buat, ini dimaksud agar peletakan objek menjadi rapih dan contoh bisa dilihat pada gambar dibawah.
 


 Langkah terakhir adalah tambahkan script dari objek yang telah di buat, masuk ke obj_player, tambahkan event Step, Collision to obj_chekpoint, Collision to obj_die, Collision to obj_solid, dan Other→Room Start, kemudian berikan script di bawah ini ke setiap Event.
 
#Step
if(place_free(x,y+1))gravity = 1
else {gravity = 0}
if keyboard_check(vk_right)&& place_free(x+8,y)
{
    x += 8
}
if keyboard_check(vk_left)&& place_free(x-8,y)
{
    x -= 8
}
if keyboard_check_pressed(vk_up)&& !place_free(x,y+1)
{vspeed -=16}
if place_free(x+hspeed,y)==false
{
    if hspeed > 0
    move_contact_solid(0,-1)
    if hspeed < 0
    move_contact_solid(180,-1)
    hspeed = 0
}
if place_free(x,y+vspeed)==false
{
    if vspeed > 0
    move_contact_solid(270,-1)
    if vspeed < 0
    move_contact_solid(90,-1)
}
view_xview = ((x-view_wview/6)+view_xview*9)/10
view_yview = ((y-view_hview/1.5)+view_yview*9)/10
    if view_xview < 0
        view_xview = 0
    if view_yview < 0
        view_yview = 0

# Collision to obj_chekpoint
if other.check=false
{
other.check=true;
global.px=x;
global.py=y;
}

# Collision to obj_die
instance_destroy();
instance_create(global.px, global.py, obj_player);

# Collision to obj_solid
 if vspeed > 0 && !place_free(x,y+vspeed)
{move_contact(270)}
vspeed =0
if other.solid
{
    var pdir;
    pdir = point_direction(other.x,other.y, x, y)
    move_outside_solid(pdir, -1)
}

# Other→Room Start
global.px = x;
global.py = y;




Lanjut ke obj_chekpoint tambahkan event Create dan berikan script :  CHECK = FALSE;

Tutorial membuat checkpoin telah selesai tinggal menekan tombol play, sampai jumpa lagi di tutorial berikutya 😀.

No comments:

Post a Comment