Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Build APK File Untuk Game Maker Studio


Assalamualaikum sahabat jelajah digital, postingan kali ini kita akan mempelajari bagaimana caranya membuat sebuah ekstensi apk yang digunakan di platform android.

Untuk seseorang yang masih dalam tahap pembelajaran, tentu akan mengalami kendala menemukan bagaimana caranya agar bisa membuat sebuah aplikasi android, dan disini blog jelajah digital akan sharing sedikit ilmu tentang proses pembuatan file berekstensi apk, khususnya untuk aplikasi Game Maker Studio.

langsung pada pembahasan, untuk membuat sebuah file apk di Game Maker Studio kita memerlukan tool tambahan diantaranya JDK(java Development Kit), Android SDK, dan Android NDK.

Untuk JDK bisa langsung download link dibawah :

Untuk Android NDK nya download link dibawah:

Sedangkan untuk Android SDK nya admin mengalami kendala ketika mendownload  versi terbarunya, dikarenakan tidak memiliki SDK Manager didalam toolnya, kemungkinan untuk versi terbaru kita diharuskan mendownload bersama dengan Android Studio nya, dan dikarenakan yang dibutuhkan dalam tutorial ini hanya Android SDK nya saja mengingat jika kita mendownload Android Studio  akan memerlukan size yang besar dan apk yang akan kita buat, kita build dari aplikasi Game Maker Studio bukan Android Studio, untuk itu admin sudah mengupload Android SDK lawas yang bisa di download di link berikut :

atau jika ingin mendownload versi terbaru dari situnya 
Download Android Studio dan Android SDK Terbaru

Setelah semua tools selesai di download langkah pertama adalah instal terlebih dahulu JDK nya, kemudian ekstrak Android SDK dan Android NDK, disarankan untuk mengekstrak keduanya di dalam folder yang sama.
Setelah JDK selesai di instal buka SDK Manager.exe yang berada di folder android-sdk-windows 

Berikut tampilan dari SDK nya.

Disini kita akan menginstal lagi fitur atau tools tambahan untuk SDK nya agar bisa dibaca oleh Game Maker Studio, pertama kita instal Android SDK Build-tools yang ada pada folder Tools, kemudian klik tombol Install packages. 

Kemudian Instal lagi semua tools yang ada pada folder Ekstras dan klik Install packages.
 
Dan yang terakhir kita instal untuk Android API nya, disini kita tidak perlu untuk menginstal semua Android API nya karena akan memakan zise yang besar dan tentunya kuota internet yang besa pula, yang perlu kita instal adalah Android (API 7), Android (API 8), Android (API 13), Android (API 15), dan Android (API 18).
 
  
Persiapan untuk membuat apk file telah selesai, langkah selanjutnya buka Game Maker Studio, disarankan telah memiliki project terlebih dahulu atau bisa lihat tutorial dasar membuat game android di link berikut:

Pastikan setting kolom Target ke mode Android, kemudian buka menu File → Preferences

Selanjutnya pilih tab Android, kemudian menuju menu  SDK, panggil Android SDK, Android NDK dan Java JDK, lalu Check Android SDK dan Android NDK nya jika sudah sesuai akan menampilkan status OK, centang Instal on "Create Application" dan klik tombol OK.

Langkah terakhir kita ke menu Global Game Settings, menu Android dan tab General, disini kita bisa setting tampilan apk yang akan di buat. terakhir tinggal build projectnya.
   


Sekian dulu postingan kali semogabermanfaat dan sampai ketemu lagi di postingan selanjutnya 😀.

3 comments:

  1. kalo aplikasi game maker nya, yang free. apakah bisa build apk om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga bisa mas harus beli modul tambahan untuk platform android, atau buat belajar bisa langsung download di link berikut : https://jelajah-digital.blogspot.com/2017/04/download-game-maker-studio-master.html

      Delete