Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial Membuat Game Android Part 2


Assalamualaikum sahabat jelajah digital, ketemu lagi di postingan ini yang masih membahas tentang bagaimana caranya membuat video game  untuk platform android, by the way tutorial ini sendiri merupakan lanjutan dari tutorial sebelumnya, jadi diharapakan agar sobat berkunjung ke postingan di bawah:

Seperti yang sudah dipelajari pada tutorial sebelumya yang hanya membahas tentang dasar pembuatan video game bounce, pada tutorial ini kita akan mempelajari unsur penting yang ada disetiap platform mobile, yaitu virtual control, yap dikarenakan device android mengharuskan user berinteraksi dengan metode touchscreen, untuk itu diperlukan virtual control agar bisa memainkan game di platform ini.

Langsung saja kita buka project yang sudah di buat pada postingan sebelumnya. Disini kita akan membuat object baru beri nama obj_control kemudian tambahkan event Create event DrawGUI, dan event press<Backspace>  lalu berikan perintah untuk setiap event dengan kode di bawah ini :


# Untuk event Create
    gui_width = 800
    gui_height = 480


# Untuk event Draw GUI
   display_set_gui_size(gui_width,gui_height)
   global.left = YoYo_AddVirtualKey(gui_width-780, gui_height-90, 100, 80, vk_left);
   global.right = YoYo_AddVirtualKey(gui_width-640,gui_height-90, 100, 80,vk_right);
   global.up = YoYo_AddVirtualKey(gui_width-138,gui_height-105, 100, 100, vk_up);

   draw_sprite(spr_key_left,-1, gui_width-780, gui_height-90);
   draw_sprite(spr_key_right,-1, gui_width-640, gui_height-90);
   draw_sprite(spr_key_jump,-1, gui_width-138, gui_height-105);



# Untuk event press<Backspace>
   game_end();


Virtual control sudah kita buat dan untuk event press<Backspace> merupakan tombol Backspace yang berfungsi sama pada tombol Back pada platform android jadi ketika kita menekan tombol back di android game akan berakhir,  sekarang tinggal kita taruh obj_control ke rm_play,  caranya kita buka rm_play pergi ke menu Objects, pilih obj_control lalu taruh bebas dimana saja di room yang sudah kita setting.

Berikut tampilan gamenya ketika running sudah terdapat tombol virtual di layar nya.

 Masalahnya adalah ketika kita menekan tombol tersebut menggunakan mouse tidak akan berfungsi, hal ini dikarenakan tombol tersebut merupakan fungsi tombol arah kiri, kanan, dan atas yang ada di pada keyboard kita, yang diproyeksikan dalam bentuk sprite kedalam layar game, tombol tersebut akan berfungsi apabila file APK sudah di build.

Ok sampai disini dulu tutorial cara membuat game untuk platform android untuk membuild sebuah ekstensi apk di Game Maker Android silahkan kunjungi link berikut;
Build APK File Untuk Game Maker Studio
yang merupakan bahasan umum bagaimana caranya membuat file APK di Game Maker Studio, dari mulai cara setting dan aplikasi tambahan apa saja yang diperlukan. Sampai bertemu lagi di postingan selanjutnya   😀.

2 comments:

  1. makasih min atas infonya
    https://www.facebook.com/fefiana.phollephell

    ReplyDelete
  2. Memang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu saat nanti kita akan dapat membuat game android sederhana yang berjalan dengan sebaik mungkin demi mencapai tujuan info beasiswa. Tapi ya memang tidak sedikit orang yang tahu untuk dapat mencapai ke titik sainsologi

    ReplyDelete