Drop Down MenusCSS Drop Down MenuPure CSS Dropdown Menu

Tutorial membuat Game Android part 1



Assalamualaikum sahabat jelajah digital, pada tutorial kali ini admin akan berbagi ilmu bagaimana caranya membuat sebuah game untuk platform Android.

Seperti yang kita ketahui apabila kita membuka PlayStore banyak sekali game - game racikan developer indie yang sudah tak terhitung jumlahnya dan yang jadi pertanyaan untuk kita adalah, mungkin suatu hari nanti kita akan menjadi seorang pembuat game terkenal seperti Hideo Kojima.  Aminnn.......n.

Seperti kendala yang sedang admin alami, ternyata masalah terbesar dari proses pembuatan game bukan terletak pada kemampuan coding atau desain yang dimiliki, tetapi terletak pada kemampuan pembuat dalam mengimplementasikan konsep yang dimilikinya. Yap benar sekali niai jual suatu video game bukan hanya tampilan visual semata melainkan kemampuannya dalam menarik interaksi yang menyenangkan terhadap usernya. Dan tak usah berpanjang lebar lagi, mari kita langsung saja mulai tutorialnnya.


Seperti biasa langkah pertama kita buka aplikasi game maker studionya kalo belum ada silahkan download dulu disini : Download Game Maker Studio. oh iya sebelumnya admin ingin memberi tahu bahwa tutorial kali ini kita akan membuat game BOUNCE dan untuk mempercepat proses silahkan untuk mendownload Resourcenya DISINI:

beri nama untuk projectnya, disini admin memakai nama BOUNCE_GAME, kemudian klik tombol Create.
 

Masukan semua resource yang sudah didownload kedalam projectnya, langkah pertama buatlah sebuah objek beri nama obj_bounce gunakan spr_right sebagai sprite nya, kemudian tambahkan event  Create dan Step kedalam kolom Events dan berikan perintah untuk setiap event dengan kode di bawah ini :


# Untuk event Create
   hsp = 0
  jumpspeed = 24
  movespeed = 10


# Untuk event Step

key_left = -keyboard_check(vk_left)
key_right = keyboard_check(vk_right)
key_jump = keyboard_check_pressed(vk_up)
move = key_left + key_right
hsp = move * movespeed

if(place_free(x,y+1))gravity = 1
else {gravity = 0}

if keyboard_check(vk_right)&& place_free(x+8,y)
{
    x += 8
    image_speed = 1
    sprite_index = spr_right
}

if keyboard_check(vk_left)&& place_free(x-8,y)
{
    x -= 8
    image_speed = 1
    sprite_index = spr_left
}

if keyboard_check_pressed(vk_up)&& !place_free(x,y+1)
{vspeed -=18}

if keyboard_check(vk_nokey)
{
    image_speed = 0;
}

if place_free(x+hspeed,y)==false
{
    if hspeed > 0
    move_contact_solid(0,-1)
    if hspeed < 0
    move_contact_solid(180,-1)
    hspeed = 0
}
if place_free(x,y+vspeed)==false
{
    if vspeed > 0
    move_contact_solid(270,-1)
    if vspeed < 0
    move_contact_solid(90,-1)
}

view_xview = ((x-view_wview/6)+view_xview*9)/10
view_yview = ((y-view_hview/1.5)+view_yview*9)/10
    if view_xview < 0
        view_xview = 0
    if view_yview < 0
        view_yview = 0   

  Selanjutnya kita buat objek solid caranya cukup mudah buat Objek baru tambahkan spr_solid dan centang kolom solid agar objeknya bersifat solid atau padat.

Setelahnya kita buka kembali obj_bounce, kemudian tambahakan Event Collision to obj_solid serta berikan kode di bawah ini.


if vspeed > 0 && !place_free(x,y+vspeed)
{move_contact(270)}
vspeed =0

if other.solid
{
    var pdir;
    pdir = point_direction(other.x,other.y, x, y)
    move_outside_solid(pdir, -1)
}

 Objek telah selesai dibuat selanjutnya kita buat room untuk gamenya, caranya Create Room pada menu Rooms, kemudian pergi ke menu settings, disini admin berinama rm_play untuk nama room nya, setting untuk Width menjadi 4000 dan Height menjadi 1280 jangan lupa setting grid menjadi 80x80 agar sesuai dengan ukuran objek.

Masih di rm_play kita ke menu Views, centang kolom Enable the use of Views dan kolom Visible when room starts, setting agar tampilan game ketika running menjadi 800x480, dan untuk Object following pastikan di setting agar mengarah ke obj_bounce, lalu ubah Hbor dan Vbor menjadi 700.

Dan terakhir di rm_play kita ke menu Objects, kemudian kita bebas mengatur letak objek di room yang sudah kita setting sebelumnya, pastikan untuk menaruh obj_solid di pinggir room agar obj_bounce tidak keluar batas room yang sudah di setting.

Selesai sudah room yang kita buat, jika ingin mengetes gamenya hanya tinggal menekan tombol Run the game yang ada di bagian atas menu.


Ok sampai disini dulu tutorial part 1 nya dan tutoriql selanjut nya kita akan belajar membuat virtual key di android. Sampai ketemu lagi di Tutorial membuat Game Android part 2    😀.

No comments:

Post a Comment